![]() |
Add caption |
Prinsip kerja motor bakar 2 tak:
I. Langkah hisap dan kompresi
1. Piston bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) ke Titik Mati Bawah (TMB).
2. Saat saluran bilas masih tertutup oleh piston, di dalam bak engkol terjadi kompresi terhadap campuran bensin dan udara.
3. Diatas piston, gas sisa pembakaran dari hasil pembakaran sebelumnya sudah mualu terbuang keluar melalui saluran buang.
4. Saat saluran bilas sudah terbuka, campuran bensin dan udara mengalir melalui saluran, terus ke saluran bilas dan masuk ke dalam ruang bakar.
II. Langkah pembakaran dan buang
1. Piston bergerak dari TMB ke TMA.
2. Saluran bilas dan saluran buang tertutup. Terjadi langkah kompresi. Setelah tercapai tekanan tinggi, busi memercikkan bunga api listrik untuk membakar campuran bensin dan udara tadi.
3. Pada saat yang bersamaan juga dibawah (dalam bak engkol mesin) bahan bakar baru masuk ke dalam bak mesin melalui saluran masuk.
I. Langkah hisap dan kompresi
1. Piston bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) ke Titik Mati Bawah (TMB).
2. Saat saluran bilas masih tertutup oleh piston, di dalam bak engkol terjadi kompresi terhadap campuran bensin dan udara.
3. Diatas piston, gas sisa pembakaran dari hasil pembakaran sebelumnya sudah mualu terbuang keluar melalui saluran buang.
4. Saat saluran bilas sudah terbuka, campuran bensin dan udara mengalir melalui saluran, terus ke saluran bilas dan masuk ke dalam ruang bakar.
II. Langkah pembakaran dan buang
1. Piston bergerak dari TMB ke TMA.
2. Saluran bilas dan saluran buang tertutup. Terjadi langkah kompresi. Setelah tercapai tekanan tinggi, busi memercikkan bunga api listrik untuk membakar campuran bensin dan udara tadi.
3. Pada saat yang bersamaan juga dibawah (dalam bak engkol mesin) bahan bakar baru masuk ke dalam bak mesin melalui saluran masuk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar